Tips dan Trik Blogger

10 Saran Bersopan Santun dalam Beremail


DuniaBlogger | Bagi kita yang sering menggunakan e-mail sehari-hari baik untuk saling bertukar informasi maupun lainnya sebaiknya memperhatikan sopan santun penggunaan E-mail agar tidak mengganggu atau meresahkan pengguna lainnya. Artikel ini saya ambil dari sebuah groups/milis bmmi@yahoogroups.com .

Bagi sebagian besar orang, email tampaknya menjadi rahmat sekaligus bencana. Email dapat menghemat biaya komunikasi, terutama pada orang-orang yg jarang berhubungan dengan kita. Namun, dapat membuat kita menderita dengan menerima banjir "spam email".

Tidak banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menghadapi para "spammers" ini kecuali terus-menerus melaporkannya pada "network administratur" kita. Bagaimanapun, dalam melakukan korespondensi pribadi, kita seyogyanya tetap bersopan-santun untuk menjaga hubungan baik.

Berikut 10 saran bersopan-santun dalam ber-email ria :

1. Benahi susunan email "forwards" anda.

Bila anda ingin memforward sebagian atau seluruh pesan pada pihak lain, maka luangkan sedikit waktu anda untuk menghapus tanda yang biasanya muncul. Seperti tanda ">" dsb.

2. Gantilah "Subject" atau Judul email bila topik pembicaraan anda berubah.

Seringkali setelah saling bertukar email beberapa kali, topik pembicaraan berubah dari aslinya, namun "subject" atau judul email belum juga diganti. Akan jauh lebih mudah untuk melacak email yang masuk bila "subject" disesuaikan dan dapat mencerminkan isi email yang sedang anda tulis.

3. Hapuslah pesan reply yang tidak perlu.

Beberapa program email secara otomatis memunculkan isi email yang terdahulu bila anda sedang membalas/mereplynya. Ada baiknya anda menghapus pesan tersebut dan hanya tinggalkan pesan yang benar-benar anda anggap perlu.

4. Jangan teruskan surat berantai.

Anda tentu merasa terganggu dan jengkel bila seseorang mengirimi anda sebuah email tentang humor atau cerita-cerita, kemudian meminta anda untuk meneruskannya dengan segera pada 10 teman anda yang lain,
atau bila tidak maka anda akan ketiban sial. Mengapa anda juga bermaksud mengganggu dan membuat orang lain jengkel bila anda meneruskan email semacam ini? Hapus saja dengan menekan tombol "delete".

5. Hormati privacy orang lain.

Ini termasuk juga alamat email mereka. Bila anda sedang mengirim email ke sejumlah orang yang mungkin satu-sama- lain tidak saling mengenal, gunakan "bcc" atau "blind carbon copy " agar alamat-alamat email mereka tidak saling diketahui.

Bila anda mudah mengirim email ke banyak alamat sekaligus tanpa mempertimbang - kan saran ini, maka bersiap-siaplah untuk dikomplain karena mereka menerima spam.

6. Jangan melakukan spam.

Mungkin saja anda tidak sengaja melakukannya, tetapi banyak orang tidak menyadari jika mereka menggunakan alamat-alamat email yang mereka dapat dari "forwarded email", kemudian menggunakannya tanpa permisi, ini termasuk bentuk spam.

7. Jangan berteriak-teriak.

Menulis dengan mengaktifkan huruf besar (tombol "Caps Lock") dapat diartikan sebagai pertanda kemarahan. Orang mungkin menganggap anda sebagai pengguna internet yang tidak baik, atau tidak sopan sama sekali.

8. Jangan mudah "terbakar", over-reaksi, atau terburu-buru menghapus suatu email tanpa berusaha memikirkannya dengan baik.

Dalam bahasa tulis, kita memiliki waktu untuk memikirkan bagaimana kita merespon atas sesuatu email yang membuat kita marah. Begitu juga dengan beremail ria. Bila anda merasa dipenuhi dengan emosi yang kuat, kemudian menulis balasan dengan emosional pula, maka sebaiknya jangan keburu anda kirim email tersebut. Simpanlah dulu dalam "draft folder" selama beberapa hari untuk dibaca ulang.

Banyak persahabatan yang hancur gara-gara terburu-buru menanggapi suatu email tanpa berusaha memikirkannya dengan bijaksana.

9. Bersabarlah dalam menunggu "reply".

Ketahuilah, orang tidak hanya hidup dengan internet. Mereka mungkin tidak membalas email anda dengan segera. Masih banyak orang yg men-cek email mereka seminggu sekali.

10. Akuilah bahwa tidak semua orang senang menerima segala yang anda anggap lucu.

Jangan terus-menerus mengirimkan sesuatu pada mereka yang tidak pernah membalasnya, meskipun dengan ucapan terima kasih.

Jangan lupa: Luangkan waktu juga untuk memikirkan apa yang kita forward kan dan kepada siapa kita mem-forwardkan suatu email. Tidak semua orang setuju atau suka dengan materi yang kita forwardkan.

Untuk orang-orang tertentu, subyek-subyek tertentu (yang kita anggap lucu dan menarik atau ringan) bisa jadi sangat sensitif danserius!!

(diadaptasi dari The Top 10 E-mail Courtesy Suggestions, Zoran Todorovich) On Eagle's Wings



Tag : Info
17 Komentar untuk "10 Saran Bersopan Santun dalam Beremail"

bagus bro emang kebanyakan orang nga sopan santun dalam beremail gue suka.,.
O ya mau tukeran Link ni.,. Link dah kupasang di blogku.,.,
kutunggu Link backnya dengan nama anak tenggarong.,.ok.,
makasih.,.

wahhhh...

sebuah pelajaran bagi saya nech sobb !!!
thanks infonya yach !!!

oke bos salam kenal aja ni dulu,
saya akan coba metode ini,
kapan kapan mapir ya bos di blog saya,
terimakasih

yup...bener boz...kita harus jaga tatakrama walaupun via email

ya sob perlu banget tuh bersopan santung dalam beremail atau menulis news letter buat kepentingan promosi biar ga dianggap spam, thanks sob tipsnya, ngomong2 boleh pasang link kontes seo disini de, ini link nya sampai kontes selesai ntar boleh di lepas kalau sudah selesai

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

Mengembalikan Jati Diri Bangsa

thanks sebelumnya

Betul Bangets.....TIPS yang Manfaat sekali...THANKS

Sangat memberikan pencerahan dalam etika menggunakan email.
Tautan tentang membuat email pribadi

sangat bermanfaat nie tips. makasih mas infonya

wah banyak juga ya peraturannya, asal jangan ada sangsinya aja..heheee

yang penting bisa menjaga dan menghargai...

Dengan memperlakukan baik diri sendiri, itu kuncinya.

Semua ada aturannya, nge-mail juga ada aturannya, bagus sarannya perlu diperhatikan & dilaksanakan :)
gimana de kabarnya sehat?

JADI QLO KAYA GNI, GA BLH,mas? He5. . Testing. .
http://datakuliah.blogspot.com

kereeeen artikelnyaa. smua ad etikanya, bhkan dlm mengirim pesan juga dmikian,, nih referensi yg bagus..
makasih..

Yup betul kita harus sopan dimanapun kita berada

Terima Kasih telah Mengunjungi Blog ini dan Silahkan tinggalkan Komentar Anda...

Back To Top