Tips dan Trik Blogger

Mengatasi Urutan Pada Widget Link List

DuniaBlogger | Anda Membuat Blogroll dengan Wiget Link List seperti yang sudah saya bahas dahulu? Apa Kelebihannya? Pertama saat anda ingin menambahkan link teman maka dengan mudah anda langsung mengisi link blog yang anda pasang cukup memasukan Nama tampilan dan Url blog, sehingga dibutuhkan waktu yang cepat dan singkat tidak perlu menggunakan kode yang klasik misalnya: <a href="http://www.adesanusi.com" target="_blank">Adesanusi</a> pada setiap kali anda memasang link teman anda.

Tak ada yang Istmewa sebenarnya dari artikel ini, hanya ingin mengatasi sebagian masalah yang mungkin dialami temen-temen blogger lainnya.

Kemudahan dan Kecepatan dalam menambahkan link blog menjadi pilihan yang perlu anda coba! Tapi kata pepatah " Tak ada gading yang tak retak " :) Meskipun begitu ada beberapa kelemahan ketika anda menggunakan Widget Link list untuk untuk membuat Blogroll berikut salah satunya:



  • Link Blog yaang anda masukan terlebih dahulu berada di bawah, hal ini sangat merugikan karena urutan pertama seharusnya diisi oleh blog pertama juga, mungkin cara klasiknya anda akan mengurutkannya secara manual ke bawah dengan melakukan klik panah bawah! Bagaimana jika link blog yang anda pasang mencapai puluhan, pasti lelah tentunya setiap kali anda ingin menambahkan link blog baru.
  • Kode link akan terus kebawah sepanjang link yang anda cantumkan, untuk masalah ini sudah saya berikan solusinya pada artikel terdahulu bagaimana membuat Widget link list ini kesamping maupun dapat digulung/scroll 
  • Proses Backup yang agak susah "tetapi bisa" karena berbeda ketika menggunakan Widget HTML anda bisa secara langsung melakukan copy paste pada notepad misalnya dan menyimpannya untuk kepentingan backup kalau terjadi masalah dikemudaian hari, Solusinya: jika menggunakan widget link list untuk membackupnya anda perlu membuka source-kodenya caranya gunakan Ctrl+U untuk pengguna Firefox. dan lihat kode link yang ada dan backup., ini hanya akan membackup kedalam HTML, jadi saat terjadi masalah yang dipasang kode HTML dalam widget HTML pula :)
Kali ini saya hanya ingin memberikan solusi dan tips untuk masalah pada point pertama jika anda masih setia menggunakan widget link list ini dengan alasan kemudahannya.

- Login di Blog anda, Dan masuk di Dashboard anda kemudian klik Layout.
- Klik Edit pada Widget Link list untuk Blog Roll Anda. dan kemudian akan tampil popup kurang lebih seperti ini:


 
- Setting pada bagian Sort: menjadi Alphabetically, untuk mengurutkan link dari A sampai Z. kemudian langkah selanjutnya adalah edit setiap link yang ada dan tambahkan nomor urut pada Name: misalnya:
001. Adesanusi.Com
002. Dunia Blogger
dan lainnya. 
Karena sudah diurutkan berdasarkan A sampai Z, maka setiap anda mengatikan nomor berikutnya akan secara otomatis berada pada nomor paling bawah, jika dalam keadaan normal posisinya akan berada di atas.
Berikut hasil jadinya, lebih unik karena nomor urutnya 001, 002, 003 dan seterusnya kalau yang biasanya 1, 2, 3, dan seterusnya. Hal ini menambah seni pada blog anda. :)


Satu hal lagi mengapa saya menggunakan angka 001 tidak langsung 1 misalnya, hal ini akan terjadi sedikit kejanggalan karena blogger akan mengurutkannya angka depannya jadinya kurang lebih seperti ini:

1,10,11,12,2,3,4,5,6,7,8,9, karena yang dilihat adalah angka depannya saja bukan puluhannya :) jadi solusinya saya gunakan 00 sebanyak 2 dan untuk link yang kemungkinan misalnya melebihi 1000 anda cukup tambahkan 000 sebanyak 3.

Semoga Bermanfaat.
13 Komentar untuk "Mengatasi Urutan Pada Widget Link List"

wih ada cara baru lagi bikin blogroll link teman.... info bagus nih....

sip deh mas...,

ngommong, mau ngga tukarlink. biar nambah blogrollnya gitu de :-)

Di coba deh....!!!

Udah lama OFF nih, gara2 internet ERROR.

Thanks inpOnya kang ade :), maaf dah lama ga kesini

LHO MAS TAHU BLOG SAYA DARIMANA.
DARI BIMA PRIYO SEMBODO

ass.blog yang bagus ni tertarik saya minta ijin untuk copy blog ini ke blog saya y.makasih bangetss

makasih mas ata infonya.oh yah jangan lupa ya kunjungi blog saya oke

bagus banget gus triknya

MAkaseh banget tak coba dl ye

good,good,good tukeran link okeh bung

bisa di coba...tp aku mo yang gaya blogroll ,lebih irit space..hk. thanks

Terima Kasih telah Mengunjungi Blog ini dan Silahkan tinggalkan Komentar Anda...

Back To Top