Tips dan Trik Blogger

Web Editing Tools FireBug untuk Firefox

DuniaBlogger | Anda sering kebingungan ketika melakukan Editing HTML/Blog? atau Ingin mengetahui desain blog orang lain yang bagus dan menarik dan mengaplikasikannya pada blog anda? Ada salah satu tools menarik yang bagi anda pengguna/pecinta firefox dan penggila desain template :) yaitu Firebug!
Bagi anda yang sering melakukan editing HTML, mungkin sudah sering anda dengar tools ini di blog/website-website lain. Di sini saya hanya ingin memberikan sedikit info buat temen-temen blog semua mengenai tools ini dan belajar mereview sebuah produk/objek :d:

Untuk Mendapatkan tools ini silahkan kunjungi link ini: https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/1843
Icon di samping adalah sebuah icon firebug! bug adalah sebuah istilah mengenai kesalahan pemrograman yang pada awal ditemukannya istilah bug berawal dari sebuah kutu/bug yang mengakibatkan kerusakan pada komputer jadul, alias jaman dulu.

Firebug dibuat untuk mencari sebuah kesalahan dan dikhususkan disini pada pemrograman HTML, atau web. Firebug! terintegrasi dengan firefox dan berada di status bar firefox anda. di bawah ini screenshotnya:

Klik Pada gambar untuk melihat lebih jelas. Berikut beberapa hal yang sering saya gunakan dari add-ons firebug untuk firefox ini:
  • Gambar kutu yang di tandai dengan kotak merah adalah untuk mengaktifkan fitur firebug dan akan memuncukan dua buah kolom beserta kode -kode dan keterangannya.
  • Panah Merah yang Horizontal adalah sebuah kode dari keseluruhan website/blog dan ditampilkan secara sistematis dan berurut sehingga memudahkan kita melakukan editing web.
  • Panah Merah Vertikal adalah Website/blog yang sedang kita edit/perbaiki atau melihat kodenya. sedangkan warna biru muda adalah tanda bahwa yang sedang kita edit/lihat dari kode pada kode di bawah.
 Anda dapat melakukan editing di website manapun meski anda tidak punya hak akses, anda seperti mempunyai website tersebut dan anda edit sesuai selera anda! dan hasilnyapun akan tampil di browser firefox anda. dan Perlu di garis bawahi, anda hanya dapat mengaplikasikan kodenya tentunya ketika di terapkan pada web/blog anda.

Firebug! memberikan kemudahan untuk mengetahui kode pada suatu website/situs, mencari element gambar yang tidak bisa kita dapatkan seandainya website tersebut tidak support klik kanan, meneliti dan belajar kode HTML dan desain template sebuah situs, sebagai bahan percobaan ketika ingin melakukan editing pada blog anda, karena tidak perlu ribet dan mondar mandir edit, simpan, preview, kurang pas, edit lagi, simpan, preview lagi dan seterusnya adapun ketika menggunakan firebug anda dapan melihat hasilnya saat itu juga dan cukup memasang/memperbaiki kodenya ketika anda sudah yakin dan benar dan menerapkannya pada blog anda.

Demikian sedikit ulasan dari saya, semoga bermanfaat! Teima Kasih!
Nantikan Artikel Selanjutnya berjudul " Saatnya Blogwalking - Sebagai ajang Silaturahmi" :) mudah mudahan aja sempet!

di bawah ini hanya Iklan!
Jika anda tertarik untuk mendapatkan penghasilan dari blog mungkin anda perlu mencoba mengikuti layanan Paid Review! karena anda akan dibayar ketika menulis sebuah review pada blog anda!
Selain itu anda dapat mencoba memasang link pada website anda dan mendapatkan penghasian darinya:
5 Komentar untuk "Web Editing Tools FireBug untuk Firefox"

Thengkyu mas infonya, berguna banget nieh. . .

yup ini yang saya cari thank de.... im we design addict :p

info yang menarik thank u

wah terima kasih banget ni artikelnya. hehehe..tapi kalau seandainya seperti saya yang mau mengedit CMS dan saya tau script yang akan diedit,tapi gimana saya bisa tau kalau script tersebut letaknya di file mana???thanks

Terima Kasih telah Mengunjungi Blog ini dan Silahkan tinggalkan Komentar Anda...

Back To Top