Tips dan Trik Blogger

Cara Daftar Blog di Blogger

Membuat Blog melalui Blogger, cukup mudah, beberapa menit pun blog sudah bisa anda buat. Sebelumnya mungkin ada sedikit pertanyaan tentang blog mungkin bisa baca dulu artikel Perkenalan blog. Jika sudah sekarang saatnya untuk membuat blog. di sini saya membahas menggunakan layanan blog yang paling sering digunakan yaitu Blogger.Com, karena kemudahan dan pengembangannya. Blogger sendiri sekarang sudah menjadi bagian dari google, karena google sudah mengakuisisi Blogger. Langkah langkah membuat blog dengan Blog cukup mudah, tapi sebelumnya anda harus punya dulu sebuah e-mail dan cara pendaftarannya sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya Cara Daftar E-Mail.

1. Membuat Account Blogger

Langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Buka Browser anda, misalnya Firefox, Opera, Internet Explorer Google Chrome dan lainnya.
  2. Ketikan di bagian Adressbar dengan www.blogger.com dan tunggu hingga browser menampilkan nya secara penuh (Done) kemudian akan tampil sperti gambar di samping:
  3. Jika perlu silahkan pilih Bahasa dengan bahasa Indonesia, untuk memudahkannya. dengan cara memilih pada bagian pojok kanan atas.
  4. Kemudian Klik Tombol "Create your Blog Now"
  5. Berikutnya Blogger akan menampilkan form pengisian Formulir pembuatan account blog. yang isinya sebagai berikut:
  • E-mail Adress: Silahkan isi dengan alamat e-mail anda.
  • Retype Email Adress: Isi dengan e-mail sama persis pada tahap sebelumnya.
  • Enter a Password: Isi dengan password anda, dan pastikan dengan password yang aman dan susah ditebak.
  • Retype a Password: Isi dengan Password yang sama persis pada langkah sebelumnya.
  • Word Verification: Isi dengan angka atau hurup yang tertera pada gambar, pastikan harus sama persis.
  • Acceptance Of Terms: Ceklis pada pilihan tersebut, yang menyatakan bahwa dengan ini anda menyetujui peraturan yang dibuat blogger.
  • Klik CONTINUE untuk melanjutkan pada tahapan berikutnya.Perhatikan: pesan yang ditampilkan, jika tidak masuk ke langkah berikutnya berarti ada kesalahan dalam memasukan data pada langkah sebelumnya, biasanya berupa password dan word verivication.

2. Memilih Nama dan Alamat Blog

Blogger akan memberikan form pengisian Nama blog, Url dan lainnya:
  1. Blog Title: Isi dengan Judul Blog yang diinginkan, misalnya " Catatan Harian Ade" "Blog Gue Nie" "Maniak Blogger", Download Musik dan lainnya sesuai keinginan masing-masing.
  2. Blog Adress (Url): Isi dengan Alamat blog yang diinginkan. misalnya ade-sanusi, contohdoank dan lainnya. Kemudian nanti Alamat (urlnya) adalah http://ade-sanusi.blogspot.com atau http://contohdoank.blogspot.com karena gratis jadi ada tambahan blogspotnya (baca: dot blogspot dot com) karakter yang diperbolehkan adalah angka, huruf dan minus (-).
  3. Check Avaibility: untuk mengetahuai alamat(url) blog tersebut sudah ada yang punya/buat belum!. dan jika sudah ada maka silahkan pilih dengan alamat yang lainnya yang masih tersedia.
  4. Word Verification: Isi dengan kata/angka yang ada pada gambar.
  5. Kemudian klik CONTINUE untuk melanjutkan pada tahap selanjutnya:

3. Memilih Template

Setelah selesai tanpa gangguan pada tahap 2.5, kemudian blogger akan menampilkan pilihan template.
 Terlihat di gambar ada beberapa contoh template standar yang disediakn oleh blogger. silahkan pilih salah satu yang cocok. jika gak ada yang cocok biarin saja, nanti bisa mendownload template dari internet. Klik Tombol CONTINUE dan blogger menampilkan pesan bahwa Blog sudah dibuat. Ada sebuah pilihan tombol START BLOGGING untuk memulai menulis artikel anda di blog yang sudah dibuat. Sebagai bukti bahwa blog sudah dibuat silahkan buka browser atau halaman/tab baru kemudian ketikan alamat blog yang tadi dibuat/didaftarkan pada langkah 2.2. dan nantinya akan muncul blog anda dan masih dalam keadaan default, tak ada artikel apapun. Selamat mencoba, Selanjutnya akan dijelaskan lebih rinci pada artikel artikel yang akan datang.
0 Komentar untuk "Cara Daftar Blog di Blogger"

Terima Kasih telah Mengunjungi Blog ini dan Silahkan tinggalkan Komentar Anda...

Back To Top